Laman

Minggu, 21 Februari 2016

INILAH Daftar Nama 10 Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

Bagi anda penderita Diabetes, menurunkan kadar gula darah tinggi bukanlah perkara yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa.
Alam menghadirkan beraneka ragam tumbuhan untuk mengobatinya.
Diabetes dapat diatasi dengan anda mengonsumsi makanan penurun gula darah, buah penurun gula darah dan obat penurun gula darah yang telah dianjurkan oleh yang ahli.
Berikut kami bahas tentang 10 Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah yang pastinya ada di sekitar kita :
10 tanaman ajaib penurun kadar gula darah


1. Asam alpha lopoic (Alpha-Lipoic Acid)
Alpha Lipoic Acid atau ALA adalah senyawa alami yang dibuat di dalam tubuh. ALA ini melayani fungsi penting pada tingkat sel, seperti memproduksi energi.
Selama badan anda sehat, secara alami tubuh anda akan menghasilkan senyawa ini. Terlepas bahwa sekarang sudah banyak suplemen penambah ALA untuk tubuh.
Selain berfungsi sebagai energi, ALA kini sudah meningkat fungsinya melalui suplemen untuk mengobati diabetes, HIV dan sebagai suplemen untuk membantu menurunkan berat badan.
ALA adalah suatu antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. ALA didapatkan dari beberapa sumber makanan seperti ragi, organ dalam daging seperti hati dan jantung, lalu sayur bayam, brokoli dan kentang.
Namun, untuk beberapa orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung ALA ternyata tidak mengalami peningkatan ALA yang signifikan.
Diketahui bahwa beberapa orang mengonsumsi suplemen ALA dengan maksud untuk meningkatkan kondisi kesehatan mereka dan memang terbukti melalui penelitian bahwa ALA memang dapat meningkatkan kondisi kesehatan seseorang.
Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 30% – 40% dosis dari suplemen oral diserap tubuh dan ternyata ALA diserap lebih baik ketika perut kosong.
ALA dan Diabetes
Masih jarang studi yang dapat membuktikan bahwa ada efek positif yang didapat oleh penderita diabetes tipe 2 apabila mengonsumsi ALA. Namun setidaknya ALA memiliki 2 manfaat positif bagi penderita diabetes tipe 2. Yaitu :
1. ALA mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin dan menurunkan kadar gula darah.
2. ALA dapat mengurangi gejala neuropati perifer – kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes.
Di Eropa, ALA telah digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu tubuh dari rasa sakit, terbakar, kesemutan dan mati rasa yang disebabkan oleh neuropati diabetes.
Efek Samping ALA
Efek samping dari konsumsi ALA tergolong ringan, seperti ruam pada kulit.
Namun, penelitian tentang pengonsumsian jangka panjang pada ALA masih terlalu sedikit. Belum ada batasan dan rekomendasi banyak sedikitnya dosis dari suplemen ALA ini. Walau begitu, mengonsumsi suplemen ALA harus digunakan menurut resep dokter jika anda sedang mengonsumsi insulin atau obat lain.
Ada kemungkinan bahwa hal itu dapat meningkatkan efek obat dan menyebabkan hipoglikemia.

BACA JUGA : Obat Alami Diabetes ini TERBUKTI Mampu TURUNKAN Gula Darah Tinggi Anda Dalam Waktu 3 Hari.

2. Bilberry
Bilberry adalah sejenis tanaman. Bilberry yang kering, buah dan daun yang matang dapat dimanfaatkan untuk membuat obat.
Bilberry digunakan untuk meningkatkan penglihatan, termasuk penglihatan pada malam hari. Bahkan, selama Perang Dunia II, pilot Inggris di Royal Air Force memakan selai bilberry untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari.
Bilberry juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi mata seperti katarak dan gangguan retina. Beberapa orang menggunakan bilberry untuk memperbaiki kondisi jantung dan pembuluh darah, termasuk pengerasan arteri, varises, penurunan aliran darah di pembuluh darah dan nyeri dada.
Bilberry juga dapat meringankan nyeri tenggorokan, wasir, sindrom kelelahan, diabetes dan infeksi saluran kemih.
Efek samping bilberry
Bilberry yang dikeringkan kemungkinan aman dikonsumsi bagi sebagaian orang apabila dimakan dalam jumlah yang wajar.
Ekstrak bilberry yang terdapat dalam minuman untuk keperluan pengobatan juga aman dikonsumsi dalam jangka waktu satu tahun.
Namun, daun bilberry yang telah dikeringkan, yang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes, ternyata tidak aman bagi kebanyakan orang ketika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi dan dalam jangka waktu yang lama.
3. Chromium
Kromium merupakan mineral yang ditemukan dalam makanan tertentu. Tubuh hanya membutuhkan beberapa jumlah kromium dan kekurangan mineral pada manusia jarang terjadi.
Chromium picolinate bekerja sama dengan insulin yang diproduksi oleh pankreas untuk metabolisme karbohidrat.
Kromium digunakan untuk memperbaiki kontrol gula darah pada penderita pradiabetes, diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan gula darah tinggi karena konsumsi steroid.
Beberapa orang mengonsumsi kromium dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, meningkatkan masa otot dan mengurangi lemak dalam tubuh. Kromium juga dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dan energi atletik.
Bagi para penderita diabetes, kromium dapat menurunkan kadar gula darah yang drastis apabila dikonsumsi secara berlebihan dengan obat diabetes lain.
Sebaiknya konsultasikan kepada dokter apabila ingin mengonsumsi kromium dan obat secara bersamaan.
Efek samping
Iritasi kulit , sakit kepala , pusing, mual , perubahan suasana hati dan pemikiran gangguan , penilaian , dan koordinasi . dosis tinggi telah dikaitkan dengan efek samping yang lebih serius termasuk kelainan darah , kerusakan hati atau ginjal , dan masalah lainnya.
Namun tidak diketahui pasti apakah gejala diatas adalah akibat dari konsumsi kromium atau bukan.

4. Daging Buah Kaktus/Kaktus Pir Berduri (Prickly Pear Cactus)
Prickly pear cactus atau daging buah kaktus atau kaktus pir berduri merupakan salah satu jenis tanaman yang biasanya digunakan untuk diet bagi orang Meksiko dan Amerika.
Kaktus ini digunakan untuk penderita diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, obesitas, radang usus, diare dan hipertrofi prostat jinak. Juga dapat digunakan untuk melawan infeksi virus. Biasanya dalam makanan, kaktus ini diolah dalam bentuk jelly dan permen.
Kaktus pir berduri ini mengandung serat dan pectin yang dapat menurunkan glukosa darah dengan cara mengurangi penyerapan gula di dalam lambung dan usus.
Beberapa peneliti juga menduga bahwa tanaman ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan membunuh virus di dalam tubuh.
Satu dosis kaktus dapat menurunkan kadar gula darah 17-46 persen. Namun belum diketahui apakah dengan mengonsumsi tanaman ini secara jangka panjang akan benar-benar menurunkan kadar gula darah secara terus menerus atau tidak.
Efek samping
Kaktus pir berduri kemungkinan aman jika dikonsumsi untuk waktu singkat dari mulai daun, batang, bunga, buah dan ekstraknya.
Namun, konsumsi tanaman ini juga memiliki efek samping seperti diare ringan , mual, kembung dan sakit kepala.

BACA JUGA : Ramuan OBAT DIABETES Yang Mampu Menurunkan Gula Darah 330 POIN !

5. Fenugreek
Fenugreek merupakan jenis tanaman yang benih-benihnya dimanfaatkan untuk membuat obat.
Tanaman ini digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kehilangan nafsu makan, sakit perut, sembelit dan radang lambung.
Fenugreek juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ginjal, beri-beri (kekurangan vitamin), sariawan, bisul, brokhitis, batuk kronis, bibir pecah-pecah, kebotakan, kanker dan menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Fenugreek bekerja dengan cara memperlambat penyerapan gula di dalam perut dan merangsang insulin. Kedua efek ini dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi fenugreek bersamaan atau dicampur dengan makanan selama makan dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan pada penderita diabetes tipe 1 dan 2.
Efek samping
Efek samping yang didapat apabila anda mengonsumsi fenugreek ini adalah diare , sakit perut , kembung , gas , dan urin berbau seperti sirup maple.
Fenugreek juga dapat menyebabkan hidung tersumbat , batuk, wajah bengkak , dan reaksi alergi yang parah pada orang hipersensitif.

6. Asam Gamma Linolenat (Gamma linolenic acid)
Asam gamma linolenat adalah zat lemak yang ditemukan dalam berbagai minyak biji tanaman seperti minyak borage dan minyak evening primrose.
Asam gamma linolenat biasanya digunakan untuk beberapa masalah kulit termasuk sclerosis sistemik, psoriasis dan eksim. Dapat juga digunakan untuk penyembuhan kolesterol tinggi dan lemak darah, nyeri saraf akibat diabetes, depresi setelah melahirkan, sindrom kelelahan kronis dan demam.
Asam gamma linolenat merupakan asam lemak omega 6 dimana di dalam tubuh zat ini dapat mengkonversi zat yang dapat mengurangi peradangan dan pertumbuhan sel-sel.
Zat ini ternyata mampu menangan masalah saraf akibat diabetes (neuropatik diabetik). Mengonsumsi gamma linolenat selama 6-12 bulan ternyata dapat mengurangi gejala dan mencegah kerusakansyaraf pada oran dengan nyeri saraf akibat diabetes tipe 1 dan 2. Asam ini mampu mengontrol kadar gula darah dengan baik.
Efek samping
Jumlah aman yang disarankan untuk konsumsi asam ini adalah 2,8 gram per hari dalam jangka waktu satu tahun. Zat ini dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan saluran pencernaan, diare dan bersendawa. Untuk keadaan yang parah, dapat juga menyebabkan darah membeku.

7. Gymnema Sylvestre
Gymnema adalah sejenis kayu yang berasal dari India dan Afrika. Daunnya biasa digunakan untu membuat obat. Dalam bahasa Hindi, Gurmar, berarti “penghancur gula”.
Sekarang, gymnema digunakan untuk pengobatan diabetes, sindrom metabolik, penurunan berat badan dan batuk. Dapat juga digunakan untuk penyembuhan malaria dan penangkal gigitan ular.
Untuk diabetes, mengonsumsi ekstrak dari gymnema sylvestre ini (GS4) yang dikombinasikan dengan insulin dan beberapa obat diabetes yang lain terbukti dapat membantu penurunan gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.
Efek samping
Batas maksimal pengonsumsian gymnema sylvestre adalah 20 bulan.

8. Magnesium
Magnesium merupakan mineral yang jumlahnya relatif besar di dalam tubuh.
Para peneliti memperkirakan bahwa rata-rata di dalam tubuh seseorang terkandung sekitar 25 gram magnesium dan sekitar setengahnya berada di dalam tulang.
Manusia dapat mendapatkan magnesium dari makanan, namun terkadang suplemen magnesium juga diperlukan apabila jumlah magnesium di dalam tubuh terlalu rendah, khususnya wanita.
Cara mudah untuk mengingat makanan apa yang merupakan sumber magnesium yang baik adalah dengan cara memilih makanan yang kaya akan serat.
Makanan yang tinggi serat umumnya juga tinggi magnesium. Contohnya adalah kacang-kacangan, biji-bijian, susum daging, cokelat dan kopi.
Magnesium diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Di dalam perut, magnesium membantu menetralkan asam lambung.
Efek samping
Untuk beberapa orang, magnesium dapat menyebabkan sakit perut, muntah dan diare. Dosis yang aman untuk orang dewasa adalah 350 mg per hari.
Namun ketika dikonsumsi dalam jumlah besar dan banyak, magnesium dapat menyebabkan efek samping yang serius termasuk detak jantung yang tidak teratur, tekanan darah rendah, kebingungan, pernapasan melambat, koma dan kematian.

9. Pare
Bitter melon adalah salah satu jenis tanaman. Buah dan biji pare biasa digunakan sebagai tanaman obat.
Pare dapat dimanfaatkan untuk berbagai gangguan lambung dan usus. Tanaman ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan diabetes, hati dan pengobatan pendukung untuk orang dengan HIV/AIDS.
Pare mengandung zat kimia yang bertindak seperti insulin yang berfungsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

10. Ginseng
Ginseng adalah salah satu jenis tanaman yang biasanya dimanfaatkan akarnya untuk pembuatan obat.
Biasanya ginseng diolah untuk menambah konsentrasi kerja, ketajaman memori, mengurangi stres, daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina fisik.
Di Barat, ginseng dikonsumsi untuk membuat kinerja tubuh menjadi lebih aktif, namun sebaliknya di China, ginseng digunakan agar pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang.
Ginseng mengandung banyak zat aktif, yang paling penting ada 2 yaitu ginsenosides dan panaxosides. Ginseng dapat mempengaruhi banyak sistem tubuh yang berbeda.
Ginseng diyakini dapat menurunkan kadar gula darah. Namun belum ada penelitian yang benar-benar tentang hal ini.
Hanya saja, bagi penderita diabetes, mengonsumsi ginseng (dalam bentuk minuman ataupun obat) tidak akan meningkatkan kadar gula darah anda.
Konsumsilah obat penurun gula darah anda secara teratur. Kenali juga penyebab gula darah tinggi anda sehingga anda dapat mencegah munculnya penyakit diabetes sedini mungkin. Tidak ada yang instan sekalipun ada yang menyebutkan tentang makanan penurun gula darah cepat karena semua membutuhkan proses untuk hasil yang maksimal dan untuk waktu jangka panjang.

Sumber : 10 Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar